– Sebuah nama.. Sebuah Cerita –

Siapa yang tidak kenal dengan Band ternama sekaliber ‘Peterpan’.

Band yang pada tahun 2000 merupakan titik awal dalam perjalanan karir musik 6 anak muda Bandung ini, karena pada saat itulah mereka bersama-sama membentuk sebuah band yang kemudian diberi nama Peterpan. Formasi mereka saat itu adalah Andika (keyboard), Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), Indra (bass), dan Reza (drum). Secara resmi, Peterpan terbentuk pada tanggal 1 September 2000.

Oktober 2006, Peterpan retak. Indra dan Andika keluar dari Peterpan, karena adanya ketidaksamaan visi dalam bermusik dengan, Ariel, Uki, Lukman, dan Reza. Masalah demi masalah bermunculan menghantam Peterpan. Tetapi 4 personil yang tersisa di Peterpan tetap bersemangat untuk menyelesaikan album ke 3 mereka.

Mei 2007, setelah vakum hampir 1 tahun, Peterpan merilis album ke 3, Hari yang Cerah. Gaya bermusik dan aransemen yang agak berbeda dari album-album sebelumnya, Peterpan semakin memperlihatkan kematangan mereka dalam bermusik. Pada album ini, Peterpan melibatkan 2 additional band, David (keyboard) dan Lucky (bass). Saat ini, album Hari Yang Cerah telah membukukan angka penjualan di atas 500.000 copy. Di sela-sela jadwal promo yang padat, Peterpan mendapat undangan untuk mewakili Indonesia di ajang Asia Song Festival yang ke-4 di Korea Selatan pada September lalu. Dari Korea, Peterpan membawa oleh-oleh penghargaan Best Contribution Award.

Hari ini (19/10/2008), di panggung karnaval Ancol, dikatakan sebagai ‘konser terakhir ‘ dari band ini. Mengapa? Karena band ini tidak boleh memakai nama ‘Peterpan‘ lagi.

Konser yang dinamakan sesuai dengan album mereka, yakni ‘Sebuah nama.. sebuah cerita‘, hadir dengan nuansa dan semangat yang berbeda, baik dari pengisi acara Peterpan sendiri featuring Pasha ‘Ungu‘, Giring ‘Nidji, Rian ‘D’Masiv , Iwan Fals, maupun dari sahabat Peterpan.

Konser ini juga hadir dengan nostalgia dari lagu-lagu lama Peterpan, maupun lagu baru nya.

Berhasil melampaui angka 3 juta copy pada penjualan album “Bintang di Surga”, akan mengherankan jika pecinta musik Indonesia tidak mengenal Peterpan. 29 November 2007 silam menjadi tonggak baru band Peterpan. Saat menerima anugrah Double Platinum untuk album “Hari Yang Cerah”, Peterpan mengenalkan logo yang berbentuk bulu burung berwarna merah. Bulu Merah !

Sehelai bulu elang merah
lama tersimpan di buku harian,
yang merekam masa-masa di kota mati
dulu kumandang … semua tentang kita

sehelai bulu elang merah
menghapus jejakmu di buku harian
kini … bulu merah menorehkan masa depan
di hari yang cerah

“Logo ini akan menjadi jembatan karena nama Peterpan tidak akan lama lagi bisa dipergunakan, itu sebabnya kami membuat logo yang mudah diingat Sahabat Peterpan”, Ariel menjelaskan pada momen itu.

Seluruh personil menyadari label Peterpan sudah melekat dibenak pecinta musik Indonesia karenanya memperkenalkan logo merupakan program transisi yang harus dijalankan. Seperti kita ketahui, setelah album ke-5 mereka harus melepas nama Peterpan. Itulah salah satu syarat Andika, mantan keyboard Peterpan ketika dikeluarkan.

Ada kata-kata manis yang dibuat oleh salah satu sahabat PeterpanThe interesting thing about the story so far is that, throughout, the group’s live audience continued to grow on a world-wide scale, perhaps because the brothers’ triumphs and travails seemed to reflect our own as individuals.”

Jadi pada akhirnya, kemanakah akan perginya sosok Peterpan ini…??

Akankah pada nantinya, hanya jadi sebuah nama…. sebuah cerita…..???

To be continued…

Iklan

11 responses to “– Sebuah nama.. Sebuah Cerita –

  1. Tambah Maju trus PETERPAN
    Walaupun ganti nma aku ttap mnjdi Fans Kamu

    “berjalanlah WALAU HABIS TERANG smpai menuju BINTANG DI SURGA dan hingga ke TAMAN LANGIT untk mnciptakan HARI YANG CERAH,, bahwa di dunia ini TAK ADA YANG ABADI dan AKU akan MENUNGGUMU mskipun q hrus MENUNGGU PAGI”

  2. Angin uTArA kN truS mMBwa m,, tUK mNJemPT bnTAnG di sURg yG da di TMan lngIT.. TaK bisAKh kW mNJdiKN mmPI yG sMPurNA.. TkaN da yG saGGup mnGHapUS jeJAkmU msKI di duNIa tk adA yG abaDI.. Hti yG trdalam ttaP menungGU m.. MnugGU pgI hingGA topeng topeng mreka kN mNJadi msA lalu yG trtinggal.. Aku menNTi smua tentanG kitA.. AkU saHBat m dN smua sahabt _ saHBt q adl satU hti yG mnjMPut hri yg cerah..

  3. Sehelai bulu elang merah
    lama tersimpan di buku harian,
    yang merekam masa-masa di kota mati
    dulu kumandang … semua tentang kita

    sehelai bulu elang merah
    menghapus jejakmu di buku harian
    kini … bulu merah menorehkan masa depan
    di hari yang cerah

    “The interesting thing about the story so far is that, throughout, the group’s live audience continued to grow on a world-wide scale, perhaps because the brothers’ triumphs and travails seemed to reflect our own as individuals.”

    +++ Mantaff +++
    Mudah2an Allah Selalu menyertai setiap langkah dan hembusan nafas kalian.. Amien

  4. bagaimana keadaan band kalian? katanya mau ganti nama baru. saya punya nama untuk band kalian bagaimana kalau diganti dengan nama “ULAR” seperti nama kalian Uki, Lukman, Ariel, Reza. walaupun band kalian maupun ganti nama apa saja, tapi saya tetap akan suka dengan band kalian, dan jadilah band yang “terbaik dan terindah” terus maju.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s